Cara cek kekuatan sinyal wifi pada smartphone android

Untuk mengetahui kekuatan maupun kecepatan sinyal wifi yang kita tangkap maka kita bisa menggunakan aplikasi android yang bernama wifi analyser dengan menggunakan aplikasi ini maka kekuatan maupun kecepatan sinyal wifi yang di pancarkan oleh perangkat acces point akan dapat kita ketahui.

Aplikasi wifi analyser mampu mendeteksi sinyal wifi lebih dari 10 acces point dan cara menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah kita tinggal pasang aplikasi wifi analyser pada hp kemudian kita jalankan,untuk bisa menggunakan aplikasi ini silakan unduh di google play store.

Ada beberapa kelebihan bila kita cek sinyal wifi yang kita tangkap dengan menggunakan apikasi wifi analyser yaitu

  • Kita bisa mengetahui kecepatan data internet yang di pancarkan (Link Speed)
  • Wifi anayser juga bisa di gunakan untuk mengetahui Ip address
  • Kita bisa mengetahui Frequency yang di pancarkan AP
  • Dapat di gunakan untuk mengetahui Mac address
  • Mengetahui Channel wifi yang kita tangkap pada hp android kita

Sebenarnya untuk mengetahui kekuatan sinyal wifi yang kita tangkap bisa melihatnya di menu pengaturan Hp dengan menuju ke setelan kemudian klik Wifi kemudian kita hidupkan wifi tersebut dan apabila di sekitar hp kita tersedia pemancar wifi maka akan akan beberapa sinyal wifi yang masuk,namun di menu bawaan hp android hanya akan memberikan 3 pilihan kekuatan sinya yaitu sedang,kuat,buruk.

Baca juga: Cara Menangkap sinyal Wifi Jarak Jauh Menggunakan Antena Grid

Berbeda dengan aplikasi wifi analyser kita juga bisa mengetahui warna sinyal spektrum wifi yang kita tangkap apabila sinyal wifi yang di tangkap wifi analyser memiliki kekuatan -1 sampai dengan -20 db maka warnanya hijau menandakan sinyal kuat apabila sinyal yang di tangkap -21db sampai dengan minus 50db maka warna spektrum merah menandakan kekuatan sinyal sedang namun apabila wifi yang ditangkap -50 db sampai dengan -100db maka warnanya kuning menandakan lemah.

Cara cek kecepatan maupun kekuatan sinyal wifi menggunakan wifi analyser buka aplikasi wifi analyser 

Cara cek kekuatan sinyal wifi pada smartphone android
Pada gambar diatas merupakan tampilan aplikasi wifi analyser dan yang di tampilkan pada layarnya sangat lengkap link speed,ip address dan juga kekuatan sinya wifi.

Kekuatan sinyal wifi
Tampilan spektrum kekuatan sinyal wifi yang di tangkap
Wifi analyser juga bisa membantu untuk menentukan sinyal wifi yang akan kita tangkap dan juga kita gunakan untuk berinternet.
0 Komentar untuk "Cara cek kekuatan sinyal wifi pada smartphone android"